Knalpot motor merupakan tempat keluarnya sisa hasil pembakaran pada
motor, tak heran jika komponen ini berperan penting dalam mendongkrak
performa motor. Nah, kali ini saya akan membahas tutorial atau cara
bagaimana membobok knalpot standar motor. seperti yang kamu ketahui,
knalpot standar motor mempunyai suara bertipe silent atau cenderung
bersuara pelan sesuai standar pabrikan atau undang-undang kendaraan
bermotor yang berlaku. Bagi beberapa orang yang hobi modifikasi mungkin
knalpot standar pabrikan dirasa terlalu mainstream sehingga perlu
beberapa perubahan untuk menjadikannya semakin unik. Salah satunya
dengan cara membobok, membobok knalpot mempunyai keunggulan lebih murah
daripada membeli knalpot racing, menambah performa motor serta mempunyai
nilai pembeda dari knalpot lainnya.
Bagi kamu yang penasaran bagaimana proses membobok knalpot yang benar, berikut ini saya akan membahasnya step by step.
Cara Membobok Knalpot Standar Motor
1. Membuka isi silincer knalpot.
|
Membuka moncong silincer dengan las |
Bagaimana cara membuka silincer knalpot yang tertutup? Silincer knalpot
mempunyai 2 cara untuk membukanya, jika silincer sudah mempunyai baut
untuk menutup sisi-sisi silincer maka kamu hanya perlu membukanya dengan
cara mencopot bautnya Namun jika knalpot standar tertutup rapat maka
kamu perlu melakukan pengelasan untuk membuknya. Caranya, las bagian
sisi moncong knalpot dan buka moncong sehingga terlihat bagian dalam
silincer. Tak perlu takut silincer bakal hancur atau penyok.
2. Menghilangkan isi silincer knalpot standar.
|
Bagian dalam knalpot |
|
Mengubah alur keluar udara. |
Isi knalpot standar kurang lebih seperti terlihat pada gambar. Tentunya
setiap motor memiliki desain silincer yang berbeda-beda. Kamu bisa
langsung menghilangkan semua isi knalpot standarmu sehingga tersisa
bagian luarnya saja atau kamu bisa mengubah alur keluar udara seperti
terlihat di gambar.
3. Memperbesar moncong knalpot.
kamu bisa gunakan bantuan las untuk memperbesar diameter moncong knalpotmu.
4. Membuat moncong knalpot baru.
Jika kamu memilih untuk mengeluarkan semua isi knalpot standarmu maka
kamu perlu membuat ulang moncong knalpotnya. Sambungkan moncong knalpot
standar yang sudah diperbesar diameternya dengan pipa besi yang sudah
dilubangi terlebih dahulu seperti pada gambar. Jangan lupa juka masukkan
gasswoll pada sisi-sisi knalpot agar suara knalpot tidak cempreng.
Usahakan gasswoll sudah padat, lalu masukkan pipa yang yang sudah
tersambung dengan moncong knalpot ke silincer knalpot.
5. Menutup kembali silincer knalpot.
Dan langkah terkhir adalah dengan menutup kembali silincer dengan cara di las.
0 komentar:
Posting Komentar